Jumat, 19 November 2010

Sejarah Film dan perkembangan Film Indonesia

Film pertama kali dipertontonkan untuk khalayak umum dengan membayar berlangsung di Grand Cafe Boulevard de Capucines, Paris, Perancis pada 28 Desember 1895. Peristiwa ini sekaligus menandai lahirnya film dan bioskop di dunia. Karena lahir secara bersamaan inilah, maka saat awal-awal ini berbicara film artinya juga harus membicarakan bioskop. Meskipun usaha untuk membuat “citra bergerak” atau film ini sendiri sudah dimulai jauh sebelum tahun 1895, bahkan sejak tahun 130 masehi, namun dunia internasional mengakui bahwa peristiwa di Grand Cafe inilah yang menandai lahirnya film pertama di dunia. .
Google AdWords adalah produk periklanan yang menjadi sumber penghasilan  utama Google. AdWords memungkinkan para pemasang iklan menengah ke bawah untuk beriklan di internet. Konsep iklan yang diterapkan meliputi sistem pay-per-click (PPC) atau bayar setiap kali diklik dan beriklan di situs-situs sasaran, baik dalam format teks maupun banner..
Google juga menyediakan alat (tool) AdWords Website Optimizer untuk mencoba berbagai konten situs, dengan tujuan untuk memperoleh format kampanye iklan yang paling sukses. situs resmi AdWords beralamat di http//.adwords.com
Google AdWords merupakan program periklanan yang diselenggarakan oleh google untuk para produsen agar dapat mempromosikan produk atau jasanya melalui jaringan  internet. Dalam program ini, Google menawarkan mekanisme perikalanan yang unik di mana produsen berkewajiban mambayar setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung halaman web atau blog . Iklan Google AdWords ini memiliki jangkauan yang luas, di mana distribusinya tidak hanya bersifat lokal dan nasional, tetapi juga internasional. Artinya, produsen dari negara  mana pun bisa mengiklankan produk atau layanan melalui Google.
AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situ web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.




PENDIRI FACEBOOK.COM 
Ada yang tahu siapa pendiri situs jejaringan sosial facebook yang sekarang sangat di gandrungi anak muda termasuk saya?. Mark Elliot Zuckerberg adalah jawabannya. Saya akan sedikit mengulas tentang milyarder pemilik facebook ini.
Mark Elliot Zuckerberg (lahir di White Plains, New York, 14 Mei 1984; umur 25 tahun). Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Ia adalah seorang programer komputer dan pengusaha asal Amerika Serikat. Menjadi kaya di umurnya yang relatif muda karena berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial facebook di saat masih kuliah dengan bantuan teman Harvardnya Andrew McCollum dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes. Saat ini ia menjabat sebagai CEO Facebook. Zuckerberg terlahir sebagai Yahudi, namun ia memproklamirkan dirinya sebagai seorang Atheis. Forbes mencatatnya sebagai milyarder termuda, atas usaha sendiri dan bukan karena warisan, yang pernah tercatat dalam sejarah. Kekayaannya ditaksir sekitar satu setengah miliar dolar Amerika. Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders.

Semasa Kuliah

Zuckenberg adalah anggota Alpha epsilon pa .Pada awalnya Mark Zuckerberg hanyalah seorang mahasiswa dari Universitas Harvard.Zuckerberg lalu membuat suatu sistem jejaring sosial untuk kelasnya.Tetapi setelah ia membuat sistem tersebut,ternyata semakin banyak saja orang yang tergabung didalamnya.Sistem itu lama kelamaan telah menjaring universitas terdekat dari tempatnya kuliah,dan inilah awal dari Facebook yang kita kenal saat ini.
Dari situasi inilah,Zuckerberg berinisiatif untuk mengembangkan sistem jejaring tersebut.Mula-mula Zuckerberg mengembangkan sistem ini dan memberi nama Facebook.Zuckerberg dan kawan-kawannya lalu menyewa tempat di Palo Alto,California sebagai tempat untuk mengembangkan Facebook.Karena keasyikan untuk mengembangkan proyek Facebook,maka Zuckerberg lupa akan kuliahnya.Zuckerberg dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit antara memilih pendidikannya atau bisnis proyek yang sedang dia kembangkan.Dengan sikap yang optimis Zuckerberg dan kawan-kawannya memilih untuk meninggalkan kuliah mereka,dan memfokuskan diri pada proyek Facebook tersebut.




PENDIRI YAHOO.COM
Jerry Yang dilahirkan dengan nama Yang Chih Yuan di Taipei, 42 tahun silam. Pada saat berumur 2 tahun, ayahnya meninggal dunia. Yang kecil lalu hijrah ke San Jose, California, AS bersama ibu dan adiknya ketika berumur 10 tahun.
Meskipun ibunya adalah seorang guru bahasa Inggris, kosakata Yang kecil ketika pertama kali bersekolah di Amerika hanyalah kata ‘Shoe’ (sepatu). Namun hanya dalam waktu 3 tahun, Yang dapat menguasai bahasa inggris dengan baik. Bahkan masuk ke dalam ‘Advance Placement (semacam kelas percepatan). Yang berkuliah di Stanford University pada tahun 1990, dan memperoleh gelar sarjana muda dan master sekaligus dalam kurun waktu 4 tahun saja.
Pada akhir medio 1993, Jerry Yang melanjutkan pendidikannya di Electrical Engineering Stanford University mengambil program Ph.D. Disana ia berkenalan dan dekat dengan seorang bernama David Filo. Bersama Filo, Yang menjadi seorang pecandu internet. Berjam-jam waktu dihabiskannya setiap hari hanya untuk berselancar di dunia maya, hingga kuliah mereka mandek dan tak terurus.
Selama surfing di internet, Yang dan Filo seringkali mengalami kesulitan menemukan apa yang mereka cari. Akhirnya pada medio Februari 1994, kedua sahabat ini mulai mengumpulkan indeks-indeks dan link-link situs website kesukaan mereka. Hal ini segera menjadi hobi yang tak bisa dihentikan. Padahal saat itu keduanya sedang menulis disertasi untuk menyelesaikan program doktor mereka.
Akhirnya daftar dari link yang telah mereka buat tersebut menjadi sangat banyak. Sehingga saat mereka memutuskan untuk menyusunnya menjadi kategori-kategori khusus, masih belum mencukupi juga.
Akhirnya mereka membagi link tersebut hingga ke bagian sub kategori, dari sinilah muncul konsep awal situs Yahoo!
Pada awalnya, Yang menamakan situs untuk link tersebut “Jerry and Dave’s Guide to the World Wide Web”. Namun karena dirasa terlalu panjang, akhirnya situs tersebut dinamakan Yahoo, yang merupakan singkatan dari ‘yet another hierarchical oficious oracle’. Pada awal mulanya, tujuan Yahoo hanyalah sebagai situs search engine untuk memudahkan mereka menemukan tautan situs yang dikehendakinya.
Pada awalnya situs tersebut hanya ditujukan untuk penggunaan pribadi, namun pada akhirnya Jerry menyadari jika situs search engine ini dapat mempermudah para surfer internet yang pada waktu itu sedang bertambah jumlahnya. Hal ini disadarinya setelah melihat banyaknya orang mengakses situs Yahoo tersebut. Mencium peluang bisnis, Jerry dan Dave pun segera membuat sebuah database link yang rapi dan up-to-date serta mengembangkan software search engine untuk menyokong situs mereka.
Pada awalnya, karena keterbatasan modal, Jerry dan Dave memanfaatkan komputer kampus untuk mengembangkan situsnya. Database disimpan di sebuah komputer Jerry yang memiliki nickname ‘Akebono’ dan software mesin pencari dikembangkan di komputer milik Dave yang ber nickname ‘Konishiki’. Keduanya merupakan nama pegulat asal Hawaii yang mereka gemari.
Akhirnya tindakan tersebut diketahui oleh pihak universitas pada musim gugur 1994, situs tersebut mencetak hit pengunjung sebanyak 1 juta lebih dan membebani traffic atau jaringan komputer universitas sehingga Jerry dan Dave diperintahkan untuk membuat server (hosting) di luar kampus. Hal ini menyebabkan mereka lebih leluasa mengembangkan bisnisnya.
Kini, Yahoo! adalah sebuah brand internet yang mendunia. Bahkan telah merambah media komunikasi dan komersial. Setiap hari ada sekitar 232 juta pengguna Yahoo! dari seluruh dunia, mulai sebagai mesin pencari, portal, e-mail gratis, bisnis online, sampai pembuatan dan penyewaan tempat situs. Perusahaan Yahoo! yang berpusat di Sunnyvale, California, AS ini sudah memiliki 25 cabang yang tersebar di benua Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan tentu saja Amerika Serikat.
Jerry Yang telah menjelma dari seorang imigran miskin menjadi seorang miliader pada usia 42 tahun. Pada tahun 2010 ini, kekayaannya mencapai 1,5 milyar US $.
Jerry Yang tinggal di sebuah rumah seharga 1,9 juta US $ di daerah Los Altos, kawasan barat San Jose dengan lima kamar tidur dan pemandangan ke arah Teluk San Fransisco. Jerry Yang menikah dengan seorang wanita keturunan Jepang bernama Akiko Yamazaki. Pasangan ini juga dikenal sebagai ‘filantropis’ (orang yang suka beramal). Pada tahun 2007 lalu, mereka menyumbangkan uang sebesar 75 juta US $ untuk almamaternya, Stanford University. Uang tersebut digunakan untuk membangun sebuah gedung dengan nama “Jerry Yang and Akiko Yamazaki Environment and Energy Building”. Sebuah gedung penelitian, laboraotium dan tempat mengajar.




PENDIRI GOOGLE
Larry Page adalah salah seorang pendiri Google dan saat ini Presiden Produk-produk Google Inc. Lawrence E. Page lahir tahun 1973 di Lansing, Michigan dari orangtua Carl Vincent Page, adalah seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan. Setelah lulus dari East Lansing High School ia belajar dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan dan melanjutkan studi program Master di Universitas Stanford.


Sementara belajar di Universitas Stanford, Page diperkenalkan kepada sergey brin. Kedua tidak memulai sebagai teman, sepertinya tidak setuju pada kebanyakan topik pembicaraan, tetapi akhirnya menemukan sebuah subjek yang telah menjadi sangat menarik bagi mereka berdua. Topik yang Mengambil informasi dari kumpulan data besar. Pasangan ini kemudian menulis apa yang secara luas dianggap sebagai kontribusi mereka, kertas kerja yang disebut "The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine". sejak itu menjadimakalah mereka menjadi satu dari sepuluh makalah ilmiah paling banyak diakses di Stanford University.

setelah mereka mulai bekerja pada sebuah proyek yang kemudian menjadi mesin pencari Google. Setelah mencoba menjual gagasan namun gagal, mereka menulis rencana bisnis dan membawa total investasi awal hampir $ 1 juta untuk memulai perusahaan mereka sendiri. September 1998 Google Inc dibuka di Menlo Park, California. Perusahaan tumbuh begitu cepat dan mendapatkan begitu banyak karyawan beberapa kantor di Relokasi karena kurangnya ruang, akhirnya Google Inc menetap di tempat yang sekarang di sebut Mountain View, California. Selama beberapa tahun berikutnya google yang dipimpin oleh Larry dan sergey Google membuat banyak inovasi dan ditambahkan ke daftar produk dan karyawan (hampir 5.000 tahun 2006). Oktober 2004 Google mengumumkan hasil kuartal pertama mereka sebagai sebuah perusahaan yang ditawarkan publik, dengan mencatat penerimaan sebesar $ 805.9 juta. Pada tahun 2005 Page telah diperkirakan memiliki kekayaan senilai US $ 12 miliar dan menjadi orang urutan ke enambelas dalam daftar majalah Forbes dan membuatnyamenjadi orang ke-27 orang terkaya di dunia.

Pada tahun 2002, Larry bernama Forum Ekonomi Dunia Global Leader for Tomorrow. Ia adalah anggota National Advisory Committee (NAC) untuk Universitas Michigan College of Engineering, dan bersama-sama dengan Co-Founder Sergey Brin, Larry mendapat penghargaan Marconi Prize pada tahun 2004. Dia adalah wali direksi dari X PRIZE, dan terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering pada tahun 2004.



PENDIRI AMAZONE.COM 
Siapa yang menyangka, bisnis toko online yang dimulainya dari garasi berkembang menjadi salah satu bisnis paling berpengaruh di kancah e-commerce. Keberhasilan inilah yang mengantarkan Jeff Bezos menjadi kandidat orang terkaya di dunia.
Jeff Bezos adalah orang Texas yang secara turun-menurun memiliki peternakan seluas 25.000 hektar peternakan di Cotulla. Sementara dari pihak ibu, sang kakek adalah seorang Direktur Regional Komisi Energi Atom di Amerika Serikat (AS).
Bezos dilahirkan pada tanggal 12 Januari 1964 di Albuquerque, Nex Mexico, AS, ketika ibunya, Jackie, masih remaja. Pernikahan sang ibu dengan ayahnya hanya berlangsung tidak lebih dari 2 tahun. Dia kemudian menikah lagi ketika Bezos berusia 5 tahun. Ayah tiri Bezos, Miguel Bezos, merupakan warga negara Kuba yang bermigrasi ke AS pada usia 15 tahun dan bekerja sambil kuliah di Universitas Albuquerque. Setelah pernikahan itu, mereka pindah ke Houston, Texas dan Miguel menjadi insinyur untuk Exxon.
Pada usia dini, Jeff telah menunjukkan bakat mekanik yang mencolok. Ketika balita, dia berusaha membongkar tempat tidurnya dengan obeng. Selanjutnya, dia mulai mendalami ketertarikannya pada dunia sains, seperti memasang alarm listrik untuk menjaga adik-adiknya jika keluar dari kamar dan juga menjaga privasinya. Setiap musim panas, dia juga sering menghabiskan waktunya tinggal di peternakan kakeknya, dimana dia selalu memperbaiki kincir angin dan traktor yang biasa digunakan dalam berternak.
Ketika memasuki bangku SMA dia mengikuti program pelatihan sains di University of Florida yang membuatnya menerima Silver Knight Award pada tahun 1982. Setelah lulus SMA, dia berencana mendalami ilmu fisika dengan kuliah di Princeton University yang dalam perjalanannya dia justru kembali tertarik dengan komputer elektro dan akhirnya dia lulus dengan gelar di bidang Computer Science and Electrical Engineering.
Setelah lulus dari Pricenton, Jeff bekerja di Wall Street dalam bidang ilmu komputer. Lalu ketika mendapatkan gelar pascasarjana, dia bekerja membangun jaringan perdagangan internasional untuk sebuah perusahaan yang dikenal dengan Fitel. Disinilah semangat kewirausahaannya mulai muncul, tapi dia tidak tergesa-gesa untuk memulai bisnisnya sendiri. Dua tahun kemudian, dia pindah ke Bankers Trust dan bertanggungjawab untuk mengembangkan aplikasi software untuk nasabah dana pensiun.
Inspirasi untuk bekerja mandiri selanjutnya datang ketika dia bekerja di sebuah perusahaan finansial DE Shaw & Company dimana dia dipercaya oleh David Shaw, pendiri perusahaan tersebut, sebagai Senior Vice President. Bahkan, dalam sebuah wawancara dengan Time, Shaw menggambarkan Jeff sebagai wirausahawan yang aneh. Wawancara yang dilakukan pada 27 Desember 2003 ini merupakan penghormatan Shaw atas langkah Jeff yang memutuskan untuk membangun dan mengoperasikan perusahaan sendiri di tahun 1994.
Berani Mencoba
Tahun 1995, Bezos mulai mendirikan AMAZONE.COMsebagai toko buku online yang dijalankan dari garasi rumahnya di Seattle, Washington. Dia sebelumnya telah melakukan penelitian dengan membuat daftar 20 perusahaan mail-order teratas dan mengamati bahwa tidak ada penerbit buku yang memiliki mail-order karena membuat katalog yang komprehensif akan memerlukan ribuan halaman dan akan memakan budjet besar jika melakukan penawaran lewat email.
Dia percaya bahwa perusahaan berbasis internet akan memiliki kemampuan untuk menawarkan pilihan lebih luas secara dan substansial kepada konsumin. Setelah melakukan studi ini, dia rajin menghadiri konvensi tahunan American Bookseller’s Associaton untuk melakukan lobi-lobi dengan beberapa penjual buku.
Dalam menjalankan bisnis ini, kedua orangtua Bezos mendukungnya dengan menginvestasikan tabungan pensiunnya sebenar US$ 300 ribu. Mereka sepertinya tahu, dana sebesar itu akan mengantarkan anak mereka menjadi miliarder.
Sebelum memutuskan nama Amazon, Bezos telah memilih nama Abrakadabra. Namun tampaknya dia lebih menyukai nama Amazon karena terpukau dengan kemegahan sungai yang berada di Brazil tersebut. Pada bulan Juni 1999 situs web Amazon.com mulai diujicoba dan pada 16 Juli 199 mulai melayani konsumen di setiap negara bagian dan merambah 45 negara lain.
“Dalam beberapa hari pertama setelah Amazon.com diluncurkan, saya tahu itu akan menjadi besar,” ujarnya dalam suatu wawancara di sebuah media. Selanjutnya, Amazon.com menjadi berita di berbagai media dan sebagai akibat dari publisitasnya meningkat dengan cepat, Bezos akhirnya memiliki kantor operasional dan 6 gudang untuk inventaris buku.
Naluri bisnis Bezos tidak meleset, Amazon.com terus berkembang, bahkan setiap tahunnya dia selalu berada di rangking orang terkaya dunia, meskipun selalu dalam kondisi fluktuatif. Misalnya, pada tahun 1999 dia masuk ke dalam peringkat 19 dengan kekayaan sebesar US$ 10,1 miliar, sebaliknya di tahun 2002 dia ‘terpuruk’ di peringkat 293 dengan kekayaan US$ 1,5 miliar.
Di tahun 2007, dia kembali ‘memperbaiki’ statusnya menjadi peringkat 35 dengan kekayaan sebesar US$ 8,7 miliar. Meskipun selalu tergusur dalam peringkat 10 besar orang terkaya di seluruh dunia, setidaknya dia tetap saja bercokol di peringkat paling bergensi ini setiap tahunnya.
Sebagian besar kekayaan Bezos berasal dari kepemilikan saham di Amazon.com. Pada tahun 1998, dia memiliki 41% saham Amazon.com, namun jumlahnya berkurang menjadi 24,26% (sekitar 100 juta lembar saham) pada tahun 2006. Gajinya pun tidak pernah naik sejak tahun 1998, yakni sebesar US$ 81.840 per tahun ditambah tunjangan sebesar US$ 1,1 juta.
Kekayaan yang dimilikinya sekarang tentunya sebagai buah dari keberanian dan kreativitasnya dalam mencari peluang bisnis secara mendiri. Ketika akan memulai Amazon.com, dia membayangkan, jika tidak mendirikan perusahaan ini, maka pada usia 80 tahun dia akan menyesal karena kehilangan 6 digit bonus natal. “Saya sudah pasti bangga dengan diri saya sendiri karena telah mengambil resiko dan mencoba berpartisipasi dalam bisnis ini. Kalau saya tidak pernah mencoba langkah ini, tentu saya akan menyesalinya,” tandasnya.
Mengagumi Walt Disney
Rekan kerja dan saksi hidup riwayat Amazon.com menyebut Bezos sebagai seorang visioner yang serius tapi santai. Meskipun santai, dia tetap tegas terhadap karyawannya. Menurut mereka, Bezos selalu menuntut penyelesaian yang cepat untuk sebuah proyek. Dia juga secara rutin menggelar rapat manajemen mingguan selama 4 jam untuk mendapatkan laporan produk baru, harga, dan menghimpun pertanyaan dari beberapa CEO.
Untuk mendorong ide-ide baru, Bezos mendirikan program ‘Just Do It’ sebagai sebuah reward bagi karyawannya yang kreatif memberikan ide bagi perusahaan tanpa terlebih dulu meminta ijin dari atasannya. Cara ini setidaknya sangat efektif bagi Amazon.com dalam melakukan perubahan-perubahan layanan lebih baik lagi. Tak heran, dari awal pendiriannya sebagai ‘toko’ buku, Amazon.com saat ini juga telah menjual beberapa produk, seperti DVD, perangkat elektronik, rumah tangga, olahraga, dan sebagainya.
Apa kunci sukses Bezos dalam mengembangkan bisnis ini? Rupanya Bezos termasuk tipikal pemimpin perusahaan yang percaya pada manfaat berkomunikasi dengan pelanggan dan mendengarkan ide-ide mereka untuk ekspansi bisnis selanjutnya. Makanya, lewat situs Amazon.com, pelanggan didorong untuk merekomendasikan buku-buku favorit mereka dan produk melalui resensi, dan disusun dalam daftar item favorit mereka.
Ketika ditanya siapakah pahlawan yang paling dipujanya, Bezos menyebut Walt Disney di samping Thomas Alfa Edison. Kekagumannya terhadap Disney dia wujudkan dengan mengunjungi Disney World beberapa kali dan mengaku sangat terkesan dengan visi kuat Disney. “Dia sangat tahu persis dengan apa yang ingin dia bangun dan bergabung dengan sekelompok orang-orang pintar dalam membangunnya,” ujar pria yang dianugerahi gelar doktoral dalam bidang Iptek dari Carnegie Mellon University pada tahun lalu ini.


 PENDIRI EBAY.COM
DI jagat internet, memang ada sejumlah nama yang populer. Sebut saja misalnya Jimmy Wales, sang pendiri situs Wikipedia. Lalu ada Larry Page dan Sergey Brin, dua tokoh penting berdirinya situs pencari Google. Ada juga Jerry Yang, pendiri situs Yahoo.
Meski tidak sepopuler nama-nama di atas, ada satu nama yang juga punya peran penting dalam dunia internet, khususnya menyangkut perdagangan dan bisnis di jagat maya. Dialah Pierre Omidyar (41), pendiri eBay, situs perdagangan online terbesar yang beralamat di www.eBay.com, pria kelahiran Paris, Prancis, 21 Juni 1967.
Meski lahir di Prancis, Omidyar sebenarnya berdarah Iran. Ia sejak kecil sudah memperlihatkan minat dan kemampuannya dalam pemrograman komputer. Kemampuannya terhadap program komputer tak hanya ia asah di sekolah, tetapi juga di luar sekolah. Ia secara sukarela membantu perpustakaan di sekolah menengah tempatnya belajar untuk menyusun katalog online. Rupanya, dari projek sukarela inilah karier cemerlang Omidyar berawal karena dari sana ia memiliki banyak pengalaman berharga dan memuluskan jalannya untuk benar-benar menjadi seorang ahli pemrograman komputer.
Pada tahun 1988, Omidyar lulus kuliah dari Universitas Tufts dengan gelar B.S. (Bachelor of Science) di bidang ilmu komputer. Pada tahun 1991, kariernya mulai terlihat ketika ia bergabung dengan perusahaan Claris, sebuah anak perusahaan Apple Computer. Di sana ia menjabat sebagai consumer software engineer. Kemudian tahun 1994, ia mendirikan Inc. Development Corporation, yang selanjutnya mengalami perkembangan dan diberi nama eShop. Pada saat itu, eShop adalah pemimpin teknologi perangkat lunak (software) perdagangan berbasis internet. Pada tahun 1996, diakuisisi oleh Microsoft.
Pada tahun 1995, Omidyar mendirikan perusahaan yang diberi nama domain EchoBay.com, namun ternyata domain tersebut telah dimiliki oleh orang lain. Akhirnya, Omidyar memendekkan namanya menjadi eBay.com.
Awal mula berdirinya eBay, sebenarnya tercipta karena niat Omidyar membantu seorang teman dekat untuk mendapatkan pembeli bagi produk yang dijualnya. Ternyata, dari sekadar iseng membantu teman, menjadi ide bisnis yang brilian. Walaupun awalnya peluncuran bisnis eBay merupakan uji coba terhadap bisnis yang berbasis internet yang saat itu belum ada di dunia maya, ternyata malah membawa keuntungan yang lebih banyak bagi Omidyar.
Rahasia sukses eBay
Kesuksesan situs eBay, menurut Omidyar, dalam wawancaranya dengan dengan Robert D. Hof dari BusinessWeek adalah adanya nilai-nilai yang dianutnya dan kekuatan eBay pada komunitas yang terbentuk. Nilai-nilai yang dianut dalam bisnis eBay adalah ia percaya bahwa pada dasarnya manusia itu baik. Percaya bahwa setiap orang memiliki suatu keunggulan yang bisa diberikan kepada orang lain.
Selain itu, ia juga percaya bahwa kejujuran dan lingkungan keterbukaan bisa membawa kebaikan pada diri manusia. Mengakui dan menghormati setiap orang sebagai individu yang unik, dan menerapkan aturan emas bahwa bisnis eBay memperlakukan setiap pribadi yang terlibat dengan sebaik mungkin.
Karena pada dasarnya setiap manusia ingin diperlakukan dengan baik, manusia tersebut harus memperlakukan yang baik pula terhadap manusia lainnya. Komunitas yang dimaksud dalam bisnis itu adalah para penjual dan pembeli yang ada dan bersama-sama membentuk sebuah dunia perdagangan online yang berkesinambungan.
Berkat nilai-nilai yang dianutnya itulah kini eBay telah memiliki ratusan juta anggota ini. eBay juga telah memiliki situs web yang tersebar di banyak negara, seperti AS, Kanada, Belanda, Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Swedia, Switzerland, Italia, Austria, Belgia, India, Australia, Selandia Baru, Cina, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan.
Kedermawanan Omidyar
Kesuksesan eBay tentunya mengantarkan Omidyar menjadi seorang miliarder. Namun, kesuksesannya tersebut tidak menjadikannya lupa diri atau melupakan masyarakat sekitarnya. Pada tahun 1998, bersama istrinya, Pamela, Omidyar mendirikan yayasan eBay atau yayasan Omidyar. Yayasan ini memberikan pendidikan gratis mengenai teknologi dan aplikasi dari teknologi tersebut pada masyarakat yang memerlukan.
Ia percaya bahwa investasi kebaikan yang diberikan kepada masyarakat yang dilakukan secara sukarela (seperti ketika ia mendirikan eBay pertama kali, dengan niat membantu teman dan juga masyarakat bisnis), pastinya akan membuahkan sesuatu yang positif di masa yang akan datang.




PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs webmana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry page dan sergry brin yang merupakan mahasiswa Ph.D.universitan standford. 

Cara kerja

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. 
Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Algoritma

Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah :
Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Salah satu algoritma lain yang dipublikasikan PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
* PR(A) adalah Pagerank halaman A
   * PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
   * C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
   * d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
   * N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)
Dari algoritma diatas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web. Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat. Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”. Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A

Rabu, 17 November 2010




Optimisasi mesin pencari (bahasa inggris Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Menurut Danny sillivan istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet.  Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks  sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevandan berkualitas.